Saturday, January 3, 2015

Sejarah MAPALA IAIN RF

Awal pembentukan Mapala IAIN Rf Plg adalah berdiri di Fakultas Ushulidin sekitar tahun 1991 yang dibentuk Oleh beberapa pemuda yg Hobby Mendaki gunung dan cinta pada kelestarian alam. Awal berdirinya bernama MAPALAFU yaitu Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ushuludin yang pada saat itu masih berada dibawah naungan Fakultas Ushuludin .Sekitar tahun 1994 MAFALAFU secara resmi menjadi UNIT KEGIATAN MAHASISWA KHUSUS (UKMK) MAPALA IAIN RF PALEMBANG dan dibawah naungan kampus (rektorat).MAPALA IAIN RF adalah salah satu UKMK yang berada dikampus IAIN RADEN FATAH PALEMBANG dan merupakan satu-satunya UKMK yang berada dikampus IAIN RADEN FATAH PALEMBANG yang bergerak dibidang pelestarian alam dan Olah Raga Extream seperti:Panjat tebing,Gunung Hutan,Olah Raga Arus Deras (ORAD),Susur Goa dll.

LAMBANG


Lambang Mapala IAIN Rf Palembang berbentuk Lingkaran berwarna hijau yg mempunyai arti:
1.Warna hijau muda melambangkan kelestarian alam dan perdamaian
2.Kitab Al-Quran melambangkan ke-Islaman
3.Gunung bewarna biru melambangkan keteguhan dan kecintaan terhadap alam
4.Rantai 13 melambangkan tahun kelahiran MAPALA IAIN RF
5.Pita bewarna merah putih sebagai bahasa pemersatu MAPALA IAIN RF

KEGIATAN
Kegiatan ekspedisi pendakian selama tiga tahun terakhir ini MAPALA IAIN RF telah melakukan pendakian kegunung-gunung yang ada di Indonesia seperti: Gunung RINJANI di Lombok(NTB), Gunung Semeru di Malang (JAWA TIMUR), Gunung Kerinci di Jambi, Gunung dempo dipagaralam (SUM-SEL), Dll.

Tidak hanya ekspedisi, Mapala MAPALA IAIN RF juga bergerak dalam kegiatan sosial dan lingkungan. Contohnya, turut serta mengirimkan tim relawan pada bencana alam meletusnya gunung sinabung Sumatra Utara.

Keanggotaan Mapala MAPALA IAIN RF adalah seumur hidup. Tidak sedikit anggota yang menempatkan kekeluargaan sebagai alasan bergabung dengan organisasi ini. Ikatan yang tercipta antar anggota begitu kuat karena disinilah rumah kedua kami. Tempat kami belajar dan berburu pengalaman yang tidak kami dapatkan di bangku kuliah.

No comments:

Post a Comment