Tuesday, September 8, 2015

ACT NOW! Keep The Forest For Tiger



Mapala UIN Raden Fatah Palembang kembali menyelenggarakan Global Tiger Day tahun 2015 yang dilaksanakan di Kambang Iwak Park kota Palembang.  
Tahun 2013 lalu Mapala UIN Raden Fatah Palembang juga pernah melaksanakan kegiatan yang sama dalam rangka memperingati hari harimau sedunia yang jatuh pada tanggal 29 Juli setiap tahunnya. Selain di Kota Pelambeng, peringatan Global Tiger Day juga diselenggarakan di delapan kota lainnya di Indonesia.
Jika pelaksanaan peringatan Global Tiger Day tahun 2013 lalu lebih mengutamakan penyampaian aspirasi tentang penyuluhan harimau dengan menggelar aksi di area Benteng Kuto Besak, maka peringatan Global Tiger Day tahun 2015 mengusung konsep edukasi melalui penampilan teaterikal komedi bekerjasama dengan Teater Arafah.

Selain itu, peringatan Global Tiger Day tahun 2015 juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai untuk anak-anak SD, kampanye yang bertajuk ACT NOW! Keep The Forest For Tiger, body painting, dan face painting.

Digelar juga aksi peduli melalui harimau dengan membubuhkan cap jempol. Selain itu dibagikan juga sejumlah Doorprize kepada pengunjung. Seluruh kegiatan peringatan Global Tiger Day tahun 2015 tersebut diselenggarakan di Kambang Iwak Park Kota Palembang pada tanggal 9 Agustus 2015.
Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serempak di tujuh Kota lainnya di Indonesia yaitu Jakarta, Purwokerto, Medan, Bengkulu, Jambi, Padang, dan kotaPekanbaru.

Dalam pelaksanaa peringatan Global tiger day 2015 yang dilaksanakan UIN Raden Fatah tersebut cukup banyak dukungan dari berbagai pihak baik lembaga maupun komunitas seperti dari Tiger Heart Kota Palembang, Forum Harimau Kita, BKSDA Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan, Zoological Society of London (ZSL), Disney, Gesellcahft For Internationale (GIZ) dan lembaga serta Komunitas lainnya.

Peringatan Global Tiger Day 2015 Kota Palembang dihadiri oleh Bapak Nunu Anugrah, S. Hut, M. Sc. selaku kepala BKSDA Sumatera Selatan, Hardono Ciputra selaku Kordinator Tiger Heart Kota Palembang dan perwakilan dari ZSL (Zoological Society of London) dan GIZ (Gesellcahft For Internationale).
Peringatan global tiger day semakin meriah dengan kehadiran anggota komunitas Musang Lover Palembang dan komunitas reptile sriwijaya. Selain itu, hadir juga dalam peringatan Global Tiger Day tersebut anggota pecinta alam yang ada di kota Palembang, anak-anak, dan masyarakat umum. 

Dengan adanya Peringatan Global Tiger Day 2015 tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang harimau dan yang terpenting adalah kesadaran diri masyarakat untuk peduli terhadap Harimau Sumatera yang saat ini keberadaan harimau terancam punah dengan populasi saat ini hanya tersisa sekitar 400-600 ekor lagi.
Secara nasional kegiatan ini sudah mendapat dukungan dari seniman ampas kopi Ghidaq al Nizar, seniman tulisan tangan Anita Putrid an John Raymo.

No comments:

Post a Comment