Saturday, August 13, 2016

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional



MAPALAUIN_Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup di Indonesia. Penyelenggaan hari peringatan ini sebagai upaya kampanye kepada masyarakat akan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan peringatan ini dikoordinir oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Memberikan edukasi dan peran aktif masyarakat dalam menyelamatkan ekosistem alam. Perak aktif tersebut melalui tidak melakukan kerusakan terhadap kawasan-kawasan konservasi, tidak membuang sampah sembarangan, menanam jenis-jenis tanaman endemik dan jenis langka, serta melepas satwa liar yang dilindungi ke habitat alamnya. Pun dengan mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak terurai seperti plastik, tidak melakukan pembakaran lahan tanpa terkendali, turut berpartisipasi mencegah perambahan hutan dan perdagangan satwa dan flora yang dilindungi.




Konservasi, menurut KBBI, memiliki arti sebagai 1 pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dng jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian; 2 proses menyaput bagian dalam badan mobil, kapal, dsb untuk mencegah karat; Sedangkan alam mengandung arti 1 segala yg ada di langit dan di bumi (spt bumi, bintang, kekuatan): — sekeliling; 2 lingkungan kehidupan: — akhirat; 3 segala sesuatu yg termasuk dl satu lingkungan (golongan dsb) dan dianggap sbg satu keutuhan.
Konservasi alam dapat diartikan sebagai suatu pengelolaan terhadap alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. Manusia, dengan pertumbuhan penduduk yang terus terjadi dan berbagai kegiatan yang dilakukannya telah menyebabkan meningkatnya kerusakan alam. Kualitas lingkungan hidup yang menurun dan terancam punahnya berbagai spesies hewan dan tumbuhan.

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2016 di Sumatra Selatan

Pada tahun 2016 ini Mapala Uin Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan beberapa instansi peduli lingkungan seperti BKSDA SUMSEL,Animal Indonesia,Zsl,Forum Harimau Kita dll. pada tanggal 09-12 agustus 2016 mengadakan peringatan hari konservasi nasional di pusta latihan gajah isau-isau kec.lahat sumatra selatan.Dengan mengambil tema “Pendidikan lingkungan melalui kemah konservasi” yang di ikuti oleh peserta dari organisasi pecinta alam yang ada di Sumatra Selatan,siswa sekolah dan masyarakat umum.


Dengan tema ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi alam dan kelestarian keanakeragaman hayati beserta ekosistemnya bagi kesejahteraan masyarakat.

No comments:

Post a Comment